Infak berasal dari kata Arab anfaqa yang berarti “mengeluarkan sesuatu untuk kepentingan sesuatu, sedangkan sedekah berasal dari kata Arab shadaqoh yang berarti “sebuah pemberian yang bertujuan untuk mencari rida Allah”. Meskipun asal istilah dua kata tersebut berbeda, sebenarnya infak dan sedekah memiliki pengertian yang sama, yakni sejumlah harta yang dapat diberikan kepada orang yang membutuhkannya atas rida Allah SWT.

Gambar 1: Jafar, S.Pd.I

Seperti yang dikatakan oleh Jafar, S.Pd.I selaku Dewan Pembina Yayasan Al- Muthiin Yogyakarta, bahwa memberikan sesuatu merupakan bentuk sebuah kebahagiaan baik untuk diri sendiri maupun orang lain, apalagi pemberian kita bermanfaat untuk orang lain maka hati kita tentu akan senang dan Bahagia. Yang mana, sebuah pemberian itu adalah rezeki dari alloh SWT yang kita miliki dan semuanya itu dari Alloh SWT untuk kita, maka sepantaskan kita berikan kepada orng lain, nah itulah yang disebut dengan infak dan sedekah.

Infak dan Sedekah yang diberikan dengan iklas dan cinta karena alloh swt maka akan dilipat gandakan oleh Alloh SWT, yang tersurat dalam Al-Qur’an Surat At-Taubah ayat 103 yang berbunyi:

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

103.  Ambillah zakat dari harta mereka (guna) menyucikan dan membersihkan mereka, dan doakanlah mereka karena sesungguhnya doamu adalah ketenteraman bagi mereka. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.  Zakat membersihkan mereka dari kekikiran dan cinta yang berlebihan terhadap harta.

Dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat AL Zazalah ayat 7 dan 8 yang berbunyi:

فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗۚ وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ ࣖ

7.  Siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah, dia akan melihat (balasan)-nya.

8.  Siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah, dia akan melihat (balasan)-nya.

Dijelaskan dalam hadis Abu Hurairah HR, Muslim yang berbunyi:

“Idza mata ibnu adam ingkotoa amaluhu illa min tsalaasin, Shodaqoh jariyah au ilminyungfa’ubihi au waladin sholihin yad’ulahu” .

Artinya: ”Apabila ‘anak Adam itu mati, maka terputuslah amalnya, kecuali (amal) dari tiga ini: sodakoh (sedekah) yang berlaku terus menerus, pengetahuan yang dimanfaatkan, dan anak sholeh yang mendoakan dia (Abu Hurairah HR. Muslim)

Bahwa sedekah jariah adalah pemberian yang dapat digunakan oleh orang banyak, seperti membantu pembangunan masjid, pembangunan madrasah, pondok pesantren, yang mana alangkah indahnya apabila digunakan oleh orang banyak sehingga itulah amalannya mengalir terus sampai kita meninggal dunia memberikan kebahagiaan sampai ke alam barzah nanti. Seandainya orang-orang dimasjid itu berdoa kepada alloh swt;

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ بَنَى اللَّهُ لَهُ فِي الْجَنَّةِ مِثْلَهُ

(HR.Muslim)
Artinya: Barangsiapa membangun masjid karena Allah, maka Allah akan bangunkan rumah baginya di surga.

Marilah banyak-banyak berinfak dan bersedekah, semakin banyak yang kita berikan, semakin banyak pula amal jariyah yang kita dapatkan, yang mana kita akan menuai kebahagiaan baik di dunia maupun diakhirat (muthiinnews.com)

24 ribu kali dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published.

http://static.salekit.vn/.-/agen-judi-bola/https://talurluxurycars.com/-/link-slot-gacor/https://vnr500.com.vn/.-/slot-deposit-pulsa/https://sbvietnam.com.vn/slot-deposit-pulsa/https://conference.edu.ge/public/-/slot-gacor-maxwin/https://www.sgquest.com.sg/-/slot-gacor-malam-ini/https://ccchilas.edu.pk/-/slot-gacor-malam-ini/https://www.ladungssicherung.eu/-/slot-terpercaya/http://project-wre.eng.chula.ac.th/-/link-slot-gacor/https://belodent.org/-/slot-pulsa/https://aaryatravel.com/slot-dana/http://project-wre.eng.chula.ac.th/slot-gacor/http://katecheza.radom.pl/-/slot-gacor/https://esrobbins.com/.-/slot-gacor-2022/https://ccchilas.edu.pk/ewallet/slot-dana/https://alynhs.edu.bz/situs-slot-gacor/https://allproductkey.com/slot-resmi-2022/https://eta.edu.ge/slot-online-terpercaya/